Xfers is now Fazz Business. Read more

4 Manfaat Payment Link pada Bisnis Anda dan Cara Kerjanya!

22 August 2022

, posted by 

Nida Amalia

Fazzbiz_Blog Banner_paylater 3

Di zaman serba cepat seperti sekarang ini, sebuah kepraktisan dalam melakukan segala hal merupakan pertimbangan yang sangat penting. Hal itu juga diterapkan dalam melakukan transaksi pembayaran.

Sistem pembayaran terus membuat terobosan baru. Hal ini ditunjukkan dengan kehadiran payment link dalam transaksi. Lantas, bagaimana cara kerja serta keunggulan dari payment link itu sendiri? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!

Secara umum, payment link adalah tautan sederhana yang mengarahkan pembeli menuju laman pembayaran yang sudah ditentukan penjual. Payment link dapat dibagikan melalui berbagai media sosial dan layanan aplikasi pemesanan. Konsumen pun dapat menjangkau berbagai platform dengan leluasa.

Sebagai produk era digital, payment link sangat fleksibel digunakan untuk setiap bisnis. Metode ini memungkinkan pembayaran tanpa melalui akun media sosial atau website apa pun. 

Selain sebagai metode pembayaran yang praktis, Anda juga bisa memanfaatkan payment link sebagai metode pembuatan invoice. Sebab, payment link sering kali dilengkapi dengan nomor invoice. Hal ini dapat membantu Anda terhindar dari kesalahan pencatatan yang bisa menghambat transaksi.

Metode pembayaran payment link memiliki berbagai keuntungan yang dapat dirasakan oleh penjual dan pembeli. Berikut ada 3 keunggulan dalam menerapkan payment link pada bisnis Anda.

1. Praktis dalam Menerima Pembayaran

Meskipun tergolong baru, metode pembayaran payment link nyatanya dapat membuat transaksi pembayaran jadi lebih praktis. Pembeli tidak perlu mengakses dengan akun apa pun. Cukup isi sejumlah data, periksa jumlah yang ingin ditransfer, dan pembayaran pun akan segera dikonfirmasi.

2. Menerima Segala Jenis Pembayaran

Jenis pembayaran yang berbeda serta adanya biaya transaksi terkadang menyulitkan pembeli dalam bertransaksi. Untuk mengatasi ini, pembeli dapat menggunakan metode pembayaran dengan link. Melalui payment link, calon pembeli dapat memilih metode pembayaran yang diinginkan, mulai dari transfer bank hingga e-wallet.

3. Transaksi Jadi Cepat dan Aman

Metode pembayaran yang cepat dan aman tentu menjadi hal yang diidamkan pembeli maupun penjual. Payment link sebagai terobosan baru pun menjawab keinginan ini! Metode pembayaran link telah didesain untuk mendukung transaksi yang cepat, yang mana penjual dapat langsung menerima notifikasi masuknya pembayaran dalam beberapa menit. Selain itu, metode payment link juga dilengkapi dengan sistem keamanan tinggi yang menjamin keamanan data dan dana penggunanya.

4. Fleksibel

Payment link memiliki sifat yang fleksibel. Sifat ini memungkinkan tautan digunakan untuk segala jenis bisnis, baik bisnis online maupun bisnis rumahan. Jika bisnis Anda memanfaatkan media sosial sebagai sarana promosi, Anda dapat mengirimkan link melalui direct message yang tersedia di hampir semua platform. Cepat dan mudah, bukan?

Detail tapi simple. Begitulah cara kerja payment link! Tidak percaya? Simak proses kerja metode pembayaran payment link di bawah ini!

Langkah yang pertama adalah pembuatan tautan. Penjual dapat membuatnya melalui laman payment gateway dengan mengisi informasi mengenai identitas pembeli dan jumlah uang yang harus dibayar. Selanjutnya, penyedia layanan payment gateway akan membuat link khusus yang bisa dibagikan penjual kepada pembeli.

Setelah mendapatkan payment link, penjual dapat langsung membagikannya pada pembeli untuk melakukan pembayaran. Pembeli tinggal klik payment link yang telah diberikan dan akan diarahkan ke informasi mengenai tagihan pesanan. Selanjutnya, pembeli bisa memilih metode pembayaran yang diinginkan, lalu menyelesaikan pembayaran.

Setelah pembayaran terkonfirmasi, notifikasi akan diterima oleh penjual dan pembeli. Mudah dan praktis, bukan?

Itulah keunggulan dan cara menggunakan payment link. Dengan memahami apa itu payment link, dapat membantu Anda menemukan solusi pembayaran terbaik. Tertarik mengaplikasikan payment link pada bisnis Anda? Anda bisa menggunakan Fazz Business untuk membantu melancarkan transaksi bisnis Anda.

Sebagai perusahan fintech, Fazz Business melalui layanan Pay and Receive telah menyediakan metode pembayaran payment link untuk bisnis Anda. Dengan payment link, Anda tidak memerlukan metode coding. Masukkan saja nominal transaksi dan kode beli, link akan siap untuk dikirim ke pembeli. Praktis! Jadi, tunggu apa lagi? Segera sambungkan bisnis Anda di Fazz Bisnis dan nikmati kemudahan dalam bertransaksi!

Share

Reach out to unlimit your business

Where is your business registered?

Account you would like to open?

© 2023 FAZZ, Inc.

Fazz is a trading name for the following businesses that hold applicable payment business in Indonesia and Singapore.

Browse by product

Indonesia

logo@2xa
fazz-agen-@2x
fazz-modal-rakyat-@2x
fazz-straitsx-@2x
fazz-post-@2x

Singapore

logo@2xa
fazz-straitsx-@2x