Xfers is now Fazz Business. Read more

10 Ide Bisnis Lebaran dan Tips Sukses Melakukannya

4 April 2023

, posted by 

Nida Amalia

10 Ide Bisnis Lebaran dan Tips Sukses Melakukannya

Menjelang Lebaran adalah waktu yang tepat untuk berbisnis. Membuka bisnis di musim Lebaran punya kelebihan sendiri karena konsumsi masyarakat naik berlipat-lipat. Anda yang ingin mendulang keuntungan sebelum lebaran, ini dia ide bisnis Lebaran dan tips untuk sukses menjalaninya.

10 ide bisnis Lebaran yang laku keras

Ada banyak ide usaha Lebaran yang bisa Anda jalankan. Anda tinggal memilih yang sesuai dengan modal Anda miliki dan usaha yang Anda kenali. Yuk, disimak daftar usaha yang juga masuk trend bisnis 2023 ini.

1. Usaha mukena

Ide bisnis Lebaran yang diincar adalah usaha mukena. Hal ini karena saat Lebaran tiba, banyak wanita yang ingin punya mukena baru dengan tampilan lebih fresh. 

Anda bisa menyediakan mukena yang punya kualitas sama dengan harganya. Calon pembeli punya preferensi sendiri dalam memilih mukena. Anda bisa menyediakan mukena dengan bermacam desain dan kualitas, disesuaikan biaya di dalamnya.

2. Usaha sarung

Anda juga bisa menyasar bisnis ke pembeli pria dengan berjualan sarung. Walaupun bentuk sarung semuanya sama, tapi kalau masalah kualitas bisa dibedakan dengan baik.

Sama seperti mukena, Anda bisa menjual sarung dengan berbagai macam warna kualitas kainnya. Pembeli biasanya lebih memilih kain sarung yang tidak mudah robek.

3. Usaha baju muslim

Ide bisnis Lebaran yang laris manis selanjutnya adalah jualan baju muslim. Sekarang banyak keluarga yang ingin baju muslim kembaran, ini bisa menjadi peluang yang bagus untuk usaha Anda.

Anda juga perlu spesifik dalam melakukan penjualan. Misalnya, menjual baju muslim khusus untuk wanita. Atau menjual baju muslim khusus anak-anak. Lebih spesifik produknya Anda jadi lebih mudah ketika melakukan promosi.

4. Usaha catering

Anda bisa membuka usaha catering yang dikhususkan untuk buka puasa atau untuk Lebaran nanti. Bisnis ini pas untuk Anda yang hobi masak. Anda bisa menyediakan bermacam makanan yang enak. 

Untuk menghidangkan makanan yang lezat, Anda perlu menyediakan bahan makanan yang berkualitas. Bahan makanan tersebut tidak harus yang mahal, tapi sesuai dengan standar yang Anda inginkan.

5. Usaha kue kering

Ada lagi jenis usaha kue kering yang bisa jadi ide bisnis Lebaran. Menjelang Lebaran usaha ini yang paling diincar. Anda bisa menjual jenis kue kering apa saja. 

Pembeli biasanya memilih kue yang renyah, lezat, dan harganya masuk di akal. Untuk tahu kualitas kue yang Anda punya, coba lakukan tester dulu terhadap beberapa orang. Dari komentar mereka Anda bisa menjadikannya masukan untuk kue yang lebih lezat.

6. Usaha hampers

Usaha Lebaran paling laku keras saat ini adalah hampers. Berbeda dengan parcel, hampers tampilannya lebih cantik dan Anda butuh kreativitas untuk bisa menjadikannya menarik.

Hampers biasanya dijadikan sebagai bingkisan Lebaran untuk orang lain. Anda bisa menyediakan hampers yang isinya berbagai macam mulai dari makanan, perangkat alat solat, Al Quran, dan lainnya.

Untuk bisa menyediakan berbagai macam hamper yang menarik, Anda bisa mencari inspirasi packaging di internet yang sudah banyak.

7. Usaha bunga

Usaha yang banyak menghasilkan keuntungan menjelang Lebaran adalah jualan bunga. Pembeli biasanya membeli bunga untuk rekan-rekannya sebagai ucapan selamat.

Ada juga bunga yang dijadikan untuk nyekar ketika Lebaran tiba. Anda bisa menyediakan bunga yang segar dari petani yang menyediakan bibit berkualitas.

8. Usaha sewa mobil

Penyewaan mobil akan dibutuhkan untuk mereka yang ingin mudik. Anda yang punya modal lebih, bisa menyewakan mobil Anda sendiri atau yang dihasilkan dari pinjaman.

Usaha penyewaan mobil ini menguntungkan lho di masa Lebaran. Anda bisa menyewakannya di sekitar rumah karena pasti ada tetangga yang membutuhkannya.

9. Usaha mobil bekas

Selain usaha menyewakan mobil, Anda juga bisa usaha jualan mobil bekas. Persiapannya perlu dilakukan sebelum Ramadhan karena biasanya sudah diincar dari awal Ramadan.

Atau Anda bisa menyewakan showroom untuk orang-orang yang jualan mobil bekas. Nanti Anda bisa mendapatkan keuntungan dari pembayaran sewa showroom.

10. Usaha jastip

Ide bisnis Lebaran satu ini cocok untuk Anda yang pulang kampung dan membuka jasa titip kuliner atau oleh-oleh khas dari daerah Anda.

Usaha jastip menarik untuk dijalankan dan cepat balik modal juga. Anda tinggal mempromosikan barang saja yang ingin dijastipkan lewat media sosial.

Tips agar bisnis jelang Lebaran sukses

Supaya bisnis jelang Lebaran yang Anda jalankan sukses, coba jalankan tips berikut ini.

1. Sediakan modal yang sesuai

Modal punya peran yang penting untuk keberlangsungan usaha Anda. Untuk itu harus disediakan secara matang. Anda wajib juga perhitungan soal modal. 

Kelebihan modal mungkin masih aman, tapi kalau sudah kurang, maka Anda yang akan kerepotan.

2. Kualitas sesuaikan harga

Mematok harga yang bersaing itu adalah hal yang wajar, tapi jangan lupa sesuaikan dengan kualitasnya juga.

Pembeli juga ada yang bersedia membeli barang dengan harga yang relatif mahal selama kualitas yang ditawarkan tidak main-main.

3. Promosikan ke orang terdekat

Untuk Anda yang baru membuka ini bisa mempromosikan ke orang terdekat dulu. Atau bisa juga melalui media sosial yang penggunaannya gratis.

Dengan begitu, usaha Anda ini mudah dikenal oleh calon pembeli. Promosi ini perlu dilakukan secara terus-menerus sampai semakin banyak pembeli yang berdatangan.

Pinjaman modal usaha dari Loan Fazz Business

Anda yang membutuhkan modal tambahan, bisa mendapatkannya di Fazz Business melalui fitur Loan. Pinjaman untuk Anda bisa mencapai Rp2 miliar dengan pengembalian yang fleksibel, bunga hanya 1% setiap bulannya. Pinjaman yang bisa diajukan adalah berikut ini:

  • Pembiayaan faktur: Memberikan pebisnis pinjaman dari invoice yang dijaminkan dan memperoleh dana 80% darinya.
  • Pembiayaan PO untuk pembelian usaha.
  • Pinjaman usaha melalui proses pendanaan.

Share

Reach out to unlimit your business

Where is your business registered?

Account you would like to open?

© 2023 FAZZ, Inc.

Fazz is a trading name for the following businesses that hold applicable payment business in Indonesia and Singapore.

Browse by product

Indonesia

logo@2xa
fazz-agen-@2x
fazz-modal-rakyat-@2x
fazz-straitsx-@2x
fazz-post-@2x

Singapore

logo@2xa
fazz-straitsx-@2x