Xfers is now Fazz Business. Read more

Solutions

Kelola Bisnis tanpa Ragu, Cerita dari Agen Fazz sekaligus Guru: Pak Roy dari Lombok

30 January 2023
Kelola Bisnis tanpa Ragu, Cerita dari Agen Fazz sekaligus Guru: Pak Roy dari Lombok

Hai, Sobat Fazz Agen! Cerita agen bulan ini seru banget nih, Sob! Yuk, kenalan sama Pak Roy dari Lombok!

Pak Roy adalah pengusaha sekaligus guru yang sudah memakai aplikasi Fazz Agen sejak tahun 2016. Wah, sudah lama ya, Sob! Meskipun sempat mengalami kendala perihal modal usaha, kegigihan dan kemauan untuk terus berkembang yang dimiliki Pak Roy berhasil membuahkan kesuksesan.

Dulu, Pak Roy sempat berjualan sandal keliling di daerahnya. Saat ingin memulai bisnis keuangannya, beliau mulai menulis pesan bahwa ia juga menjual token listrik, pulsa, dan layanan transfer uang untuk mempromosikan usaha barunya.

Strategi ini membuatnya dikenal oleh masyarakat sekitar. Bahkan, ada saja warga yang menanyakan perihal transaksi di luar PPOB dan transfer uang, yaitu cicilan motor, mobil dan penjualan tiket pesawat. Permintaan warga sekitar diterimanya dengan baik, bahkan menjadi pemacu untuk lebih dapat melayani orang-orang di sekelilingnya.

Pak Roy memilih Fazz Agent karena dinilai jarang sekali terjadi gangguan. Selain itu, pilihan bank untuk tujuan transfer juga lengkap, sehingga beliau merasa mampu memenuhi permintaan transaksi orang-orang di sekelilingnya. Meskipun pernah ditawarkan memakai aplikasi lain, Pak Roy merasa bahwa Fazz Agen-lah yang tercepat.

Saat usia bisnisnya masih sangat muda, Pak Roy hanya menjual layanan transaksi PPOB, seperti pulsa dan token listrik. Melihat peluang yang ada, Pak Roy memutuskan untuk membuka layanan transfer uang ke semua bank.

Saat ini, Pak Roy sudah memiliki 3 cabang Toko yang berlokasi di Lombok Tengah. Untuk menarik pelanggan, terdapat beberapa trik yang Pak Roy lakukan:

1. Pengelolaan Waktu

Selain mengelola warung, Pak Roy juga aktif sebagai guru di salah satu SMP di Lombok. Setidaknya, ada 3 tempat di mana beliau mengajar. Kesibukannya membuat Pak Roy harus pintar membagi waktu. Syukurnya, jadwal mengajarnya adalah pagi hari dan beliau tidak mengajar penuh waktu, sehingga ia dapat membuka warungnya sekitar jam 9 – 10 pagi.

Tugasnya sebagai guru seperti melakukan penilaian tugas murid dilakukannya setelah warung tutup. Khusus toko yang berlokasi di rumah, Pak Roy buka pukul jam 6 pagi. Hal ini dikarenakan, beberapa pelanggan sering membutuhkan transaksi di waktu pagi. Contohnya, Pak Roy pernah mendapatkan pelanggan yang datang pagi sekali karena token listriknya habis semalaman. 

2. 3S: Senyum Sapa Salam. 

Awalnya, Pak Roy terinspirasi dari melihat pegawai bank yang menerapkannya. Menurutnya, perilaku 3S yang dilakukan petugas di bank berhasil membuat nasabah senang. Kemudian, ia peragakan di tokonya sendiri.

?Luar biasa itu pengaruhnya. Jadi ramai,? ucapnya. Perilaku ini menciptakan kesan santai kepada pelanggan sehingga mereka enggan buru-buru. 

3. Membuat promosi khusus

Setiap pembeli yang datang ke toko Pak Roy akan mendapatkan kupon yang bertuliskan nama dan No. HP pembeli. Kupon ini sederhana, yaitu berupa kertas yang beliau ketik, print, dan fotokopi. Pada akhir bulan, Pak Roy akan mengundi kupon ini dan pemenangnya akan mendapatkan hadiah-hadiah menarik, seperti kipas angin dan alat-alat rumah tangga lainnya. 

4. ?Jemput Bola?

Saat pandemi COVID-19 dan seluruh warga dipaksa menetap di rumah, Pak Roy mengunjungi rumah-rumah pelanggannya. Usaha ini justru menciptakan peluang yang lebih besar bagi Pak Roy karena kebutuhan setiap pelanggan lebih mudah untuk dipenuhinya.

5. Mengenal Pelanggan

Usahanya membuka toko keliling di masa lalu membuatnya dikenal banyak orang. Namun, tidak hanya itu, Sob, Pak Roy juga mencatat kebutuhan pelanggannya satu per satu dengan baik. Beliau mencatat identitas pelanggan seperti nomor token, nama, dan No. HP. Sehingga, pelanggan hanya perlu datang atau menghubungi Pak Roy jika membutuhkan produk-produk tersebut, tanpa harus mengulang pencatatan data. 

Bagaimana, Sob? Yuk, coba terapkan trik ini di bisnis kamu!

Kamu ingin berbagi cerita dengan agen-agen lain? Yuk gabung ke Facebook Group ?Komunitas Fazz Agen? dan WhatsApp Group dengan mendaftar di bit.ly/DaftarKomunitasFazzAgen. Ditunggu ya, Sob!

Share

Fresh Resources